Kamis, 12 September 2013

biologi

LEMBAR KERJA SISWA 
ARTHROPODA
Standar Kompetensi        : 3.  Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar       : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi
                                           kehidupan

 Tujuan             : Mengamati contoh hewan  arthropoda
            : Membedakan ciri-ciri masing-masing kelas Arthropoda

Bahan dan alat        : Belalang atau kecoa            - Udang
            : Laba-laba atau kalajengking        - Kelabang
            : Larutan formalin 1 %        - Lup
            : Pinset                    - Cawan petri

Cara kerja
1.    Kumpulkan hewan contoh yang akan diamati kemudian rendam dalam larutan formalin.
2.    Amati pembagian tubuh tiap hewan contoh ( kepala, dada dan perut ).
3.    Amati organ-organ tubuh yang dimiliki hewan tersebut.
4.    Gambar masing-masing hewan contoh dan beri nama bagian-bagian tubuhnya.
5.    Perbesar gambar pada bagian tubuh yang dianggap penting
6.    Isikan hasil pengamatan anda pada tabel

  Gambar hasil pengamatan















Pertanyaan
1.    Belalang, udang, laba/laba?kalajengking dan kelabang merupakan anggota filum arthropoda.
berdasarkan hasil pengamatan anda, jelaskan persamaan ciri-ciri yang dimiliki keempat hewan
tersebut.
      .Ya merupakan kelas arthropoda,persamaan ciri yg bisa dilihat yaitu
     .....................................................................................................................................................
     .....................................................................................................................................................
     ....................................................................................................................................................
2.    Belalang, udang, laba-laba/ kalajengking dan kelabang mewakili 4 kelas arthropoda yang ber-
beda. Berdasarkan hasil pengamatan anda, identifikasikan ciri-ciri keempat kelas tersebut.
a. Belalang                   
         *  Kelas        :............................................................
         *  Ciri-ciri        : ..................................................................................................................
              .................................................................................................................
              .................................................................................................................
              ..................................................................................................................
                ................................................................................................................

     b. Udang
          * Kelas        : ................................................................................................................
          * Ciri-ciri        : ...............................................................................................................
            : ..............................................................................................................
            : ...............................................................................................................
            : ...............................................................................................................
            : ...............................................................................................................

   c.  Laba-laba/ kalajengking
        * Kelas        : ..............................................................................................................
        * Ciri-ciri        : ..............................................................................................................
              .............................................................................................................
              ..............................................................................................................
              .............................................................................................................
              .............................................................................................................

  d.  Kelabang
        * Kelas        : ................................................................................................................
        * Ciri-ciri                ........... .................................................................................................
             .................................................................................................................
             ...............................................................................................................
              ...............................................................................................................

Pertanyaan
1.    Tuliskan dengan contoh 4 kelas yang termasuk kedalam filum arthropoda
...............................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
2.    Tuliskan peranan dari arthropoda yang menguntungkan dan merugikan
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    Jelaskan pengertian  kata-kata dibawah ini !
a. kelisera .........................................................................................................................
b. pedipalpus ...................................................................................................................
c. spineret .......................................................................................................................
d. keliped .........................................................................................................................
e. karapaks .........................................................................................................................

.       


             LEMBAR KERJA SISWA
              MENGAMATI MOLLUSCA

Standar Kompetensi      : 3. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar       :  3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya
                                            bagi kehidupan

               Tujuan        : Mengenal contoh-contoh hewan mollusca
        : Membedakan ciri-ciri kelas dari filum mollusca
           : Mengamati cara pergerakan bekicot

Bahan dan alat    : - Cumi-cumi                - Lup
        : - Kerang                - Pinset
        : - Bekicot                _ Cawan petri

Cara Kerja
A. Pengamatan sruktur tubuh hewan Mollusca
     1. Kumpulkan hewan contoh yang akan diamati kemudian letakkan hewan tersebut diatas
         papan bedah
     2. Amati bagian tubuh hewan contoh terutama bagian cangkang dan alat geraknya.
     3. Gambar masing-masing hewan contoh tersebut dan beri nama bagian-bagian tubuhnya.
     4. Perbesar gambar pada bagian tubuh hewan yang dianggap penting
     5. Isikan hasil pengamatan anda pada tabel

B. Pengamatan gerak bekicot
     1. Letakkan bekicot di atas kaca. Tunggu sampai bekicot mengeluarkan tubuhnya dan
         mulai bergerak
     2. Dari bawah kaca, amati cara bekicot teersebut bergerak

Hasil Pengamatan

Pengamatan ciri tubuh hewan Mollusca
Ciri-ciri    Bekicot    Cumi-cumi    Kerang
Cangkang
          
              Alat gerak
          
              Lain-lain
          

Gambar hasil pengamatan dan tuliskan bagian-bagiannya










Pertanyaan

1. Bekicot cumi-cumi dan kerang merupakan contoh anggota filum Mollusca. Identifikasi persamaan
    ketiga hewan tersebut berdasarkan hasil pengamatan anda. 
    ...................................................................................................................................................
    ..................................................................................................................................................
    ..................................................................................................................................................
    ..................................................................................................................................................
    ..................................................................................................................................................
2. Bila ketiga jenis hewan tersebut mewakili kelas Mollusca yang berbeda, sebutkan kelas hewan
    tersebut dan identifikasikan ciri-ciri masing-masing kelas berdasakan hasil pengamatan anda.
    ....................................................................................................................................................
    ...................................................................................................................................................
    .................................................................................................................................................
    .....................................................................................................................................................
    ...................................................................................................................................................
3. Salah satu ciri molluska adalah cangkang, apakah cumi-cumi memiliki cangkang ? Jelaskan
     jawaban anda ?
      ................................................................................................................................................
       ...............................................................................................................................................
       ...............................................................................................................................................
      ...............................................................................................................................................
.
 4. Tuliskan dengan contoh peranan molluska yang menguntungkan dan merugikan !
      ................................................................................................................................................
      ................................................................................................................................................
      ................................................................................................................................................
      ................................................................................................................................................  
 5. Tuliskan fungsi masing-masing bagian pada tubuh hewan molluska yang anda amati
      ................................................................................................................................................
      ................................................................................................................................................
      .................................................................................................................................................
      ...............................................................................................................................................
      ...............................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar