Sabtu, 07 September 2013

Penyebab panas dalam

Tanda dan gejala panas dalam pada setiap orang dapat berbeda-beda, tetapi gejala-gejala yang dapat terjadi adalah sebagai berikut:
  1. Tenggorokan terasa panas 
  1. Merasa haus terus dan ingin banyak minum air 
  1. Terasa sakit untuk menelan makanan atau minuman tertama pada waktu bangun tidur 
  1. Tubuh terasa lemas dan lesu (kurang tenaga) 
  1. Gangguan pada mulut seperti seriawanbibir pecah-pecah, bau mulut
  1. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan ambeien.
  1. Gangguan tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan tenggorokan kering
  1. Tubuh terasa tidak fit seperti bersin-bersin dan badan meriang.

Kiat mencegah panas dalam.Agar tidak terkena panas dalam maka perlu diperhatikan kiat-kiat berikut ini:Perhatikan jam makan.Hal ini berlaku terutama bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung. Telat makan bisa menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung hingga ke daerah dada. Ini yang menyebabkan banyak orang merasa terkena panas dalam.Perhatikan makanan terlalu panas dan terlalu dingin.Makanan yang terlalu panas atau dingin bisa mengganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia bekerja pada batas suhu tertentu. Panas makanan yang berlebih dapat mengganggu lapisan lendir yang melapisi saluran pencernaan. Makanan yang terlalu dingin juga akan membuat sistem pencernaan mengerut, sehingga mempersulit proses pencernaan.Perhatikan menu makananMakanan yang panas dan digoreng seringkali menyebabkan luka atau iritasi pada tenggorokan. Peradangan tersebut akan menyebabkan munculnya gejala panas dalam. Terlalu banyak minyak dalam makanan juga tidak baik untuk pencernaan dan tenggorokan.Olahraga teraturGejala panas dalam bisa muncul karena kelelahan. Dengan berolahraga, kondisi tubuh bisa dilatih dan terjaga lebih baik. Daya tahan atau stamina pun akan meningkat, sehingga tidak mudah terkena panas dalam ketika kondisi tubuh terlalu lelah.Kelola stressSaat ini banyak orang yang mengeluh terkena panas dalam akibat stres. Stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, juga mengacaukan jam makan dan hormon tubuh.PengobatanPengobatan sederhana dapat dilakukan antara lain:
  • Minum air putih secukupnya,
  • Mengkonsumsi suplemen vitamin C
  • Menghindari makanan yang bersifat panas untuk sementara waktu.
  • Minum Larutan Penyegar atau obat panas dalam.
Pengobatan herbal dapat dilakukan antara lain:
  • Kacang hijau. Caranya dengan rebus dua genggam kacang hijau dengan air, tambahkan dua ruas jahe dan gula batu secukupnya, minum dua kali sehari akan mengurangi gejala panas dalam.
  • Rambut jagung yang masih muda. Caranya dengan rebus segenggam rambut jagung dengan air , tambahkan sedikit jahe, dan gula batu, lalu disaring, minum airnya cukup sehari sekali saja, lakukan hingga sembuh.
  • Air kelapa hijau muda dengan madu. Caranya dengan mencampur satu buah air kelapa dengan tiga sendok makan madu asli, minumlah sehari sekali.
  • Telur ayam kampung. Caranya dengan mencampur satu telur ayam kampung mentah dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit, minum dengan sekali tegukan, dan istirahat secukupnya.
  • Pengobatan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi cincau. Gel cincau biasa dikonsumsi dalam bentuk minuman segar. Konsumsi cincau dapat digunakan sebagai obat penurun panas dalam, serta obat untuk gangguan pencernaan agar pencernaan kita senantiasa sehat. Komponen kimia gel cincau sebagian besar berupa air dan serat sehingga cincau merupakan makanan rendah kalori yang dapat digunakan sebagai makanan diet.Gel cincau memang lembek (lunak). Gel cincau dapat dibuat lebih keras dengan menggunakan tambahan mineral misalnya kalsium dan bahan pembentuk gel yang lainnya misalnya pati, agar-agar, keragenan atau alginat. Bahan-bahan ini aman bagi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar